«

»

May 11

Ngaji Kitab Kuning di Pesantren Ramadhan

kitab ku-min

Suasana Ngaji Kitab Kuning di Masjid Lantai 2

MAN 1 GROBOGAN Online – Kamis (9/5) saat adzan dzuhur berkumandang di masjid Ki Abdurrahman, para siswa bergegas keluar kelas menuju ke masjid, tidak seperti biasa,  mereka tidak hanya membawa perlengkepan sholat seperti mukena dan sajadah, melainkan juga menenteng sebuah kitab dan bolpoin. Setelah  sholat dzuhur selesai, mereka tetap duduk dan segera menyiapkan kitab dan bolpoinnya untuk mengikuti pengajian kitab kuning yang berjudul Tashilul Afkar dengan model ngaji bandongan. Para siswa menyimak dan menulis makna dari setiap kata yang disampaikan oleh Ust. Abdul Syakur.

Koordinator Bidang Keislaman MAN 1 Grobogan M. Abduh mengatakan, dalam mengisi kegiatan Ramadhan 1440 H , selain KBM  seperti basanya, juga melaksanakan kegiatan pesantren ramadhan, diantaranya adalah tadarus Al Qur’an di pagi hari, dan pengajian kitab kuning yang dilaksanakan setelah shalat dzuhur, mulai tanggal 9 Mei sampai 18 Mei 2019.

“Selama bulan Ramadhan tahun ini (1440 H), para siswa selain mengikuti KBM, juga tadarus Al Qur’an dan ngaji kitab kuning klasik” Ucap Abduh

Abduh lebih lanjut mengatakan bahwa tujuan ngaji kitab tesrebut untuk menambah pengetahuan siswa tentang isi kandungan kitab dan mengenal lebih jauh tentang kitab kuning itu sendiri, karena banyak diantara para siswa belum tahu tentang kitab kuning.

“Tujuan ngaji kitab kuning ini, untuk menambah pengetahuan isi kandungan kitab, juga agar siswa mengenal tentang kitab kuning itu sendiri, apa kitab kuning itu ? bagaimana modelnya ?” tandas Abduh.

kitab ku 1-min

Siswa menyimak dan menulis makna setiap kata

Kepala MAN 1 Grobogan Suprapto saat dikonformasi sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang positif ini. Pak Prapto (beliau biasa dipanggil) juga berharap para siswa mengambil pelajaran dan hikmah dari kegiatan pesantren ramadhan di madrasah ini.

“Saya apresiasi kegiatan posotof ini, dan saya berharap, para siswa bisa mengambil pelajaran dan hikmah dari kegiatan ini” harap Prapto.

Kegiatan gaji kitab kuning diikuti seluruh siswa kelas X dan XI yang dilaksanakan di masjid, putra bertempat di lantai 1 sedang putri di lantai 2 yang berlangsung selama sembilan hari. (mh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>