«

»

Oct 31

Siswa MAN 1 Grobogan Raih Juara Lomba Inovasi Cipta Teknologi Tepat Guna

ttg2

Tim Lomba Inovasi MAN 1 Grobogan saat menerima piala (nomor 4 dari kiri dan nomor 2 dari kanan)

MAN 1 Grobogan Online – Siswa MAN 1 Grobogan kembali menorehkan prestasinya. Pada ajang lomba inovasi cipta teknologi tepat guna tingkat SMA/SMK/MA se–Kabupaten Grobogan Rabu (30/10) yang selenggarakan Dinas Perbedayaan Masyarakat Desa Kabupaten Grobogan, dua tim lomba inovasi cipta teknologi tepat guna MAN 1 Grobogan meraih juara terbaik 3 dan juara harapan 3.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Grobogan Sanyoto saat membuka kegiatan, mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk membuka ruang bagi para pelajar untuk berinovasi, berkreasi dalam membuat alat cipta teknologi tepat guna.

“Ini kegiatan yang sangat positif, harapan kami, muncul banyak lagi kreativitas para pelajar untuk menciptakan alat-alat baru, yaitu alat teknologi tepat guna.” harap Sanyoto

ttg3

Tim Dekatrik (alat pengupas kuaci)

Guru pendamping Penny mengatakan, MAN 1 mengirimkan dua tim pada lomba ini yang seluruhnya masih kelas X. Tim pertama yang terdiri empat siswa, Tria Mir’atul Mukaromah, Aliya Mufida Isnaini, Diyas Rizki Dewansyah dan Aqila Maiquina membuat Dekatrik atau alat pengupas kuaci. Sedangkan tim kedua yang terdiri Wulan Pebianti, Vironika Bunga W dan Alif Nurul Musthofa membuat alat penyaringan air bersih.

Penilaian meliputi  teknik penulisan, penguasaan materi, spesifikasi teknologi, dan pemanfaatan hasil karya, lanjut Penny. Pada seleksi awal ini, kedua tim MAN 1 Grobogan lolos masuk enam besar dan mengikuti babak final untuk mempresentasikan alat ciptannya. Di babak final ini tim alat pengupas kuaci (dekatrik) meraih juara terbaik 3 sedang tim alat penyaringan air bersih meraih juara harapan 3.

“Al Hamdulillah anak-anak dapat mempresentasikan hasil karyanya dan meraih juara” ucap Penny.

ttg4

Tim lomba alat penyaringan air bersih

Kepala MAN 1 Grobogan Suprapto menyatakan apresiasi dan penghargaan yang tinggi pada tim lomba inovasi ini, serta berharap capaian ini menjadi penyemangat dan pelecut siswa lainnya untuk berprestasi pada bidang lomba lainnya.

“Selamat pada tim lomba inovasi, semoga ini menjadi penyemangat dan pelecut siswa lain untuk meningkatkan prestasinya” harap Prapto.

Lomba inovasi cipta tehnologi tepat guna ini diikuti oleh SMA, SMK dan MA se-Kabupaten Grobogan bertempat di Aula kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa. (Pen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>