«

»

Oct 15

SISWA MAN 1 GROBOGAN SABET MEDALI EMAS PADA AJANG PENCAK SILAT OPEN CHAMPIONSHIP

haris

Haris (kiri) didampingi guru pembina Gesit

MAN 1 Grobogan Online – Haris Rizki Erlangga siswa kelas XI MIPA 2 berhasil meraih medali emas pada ajang lomba Pencak Silat Open Championship 2019 di Semarang dengan penyelenggara IPSI Kota Semarang. Lomba yang di helat di GOR Satria Semarang Jum’at-Minggu (11-13/10) Haris turun di kelas C (49-51 Kg) mampu merebut medali emas setelah mengalahkan lawan-lawanya, Haris mengawali tanding melawan pesilat dari semarang, kemudian Pati, Kendal dan di final mengalahkan pesilat Boyolali.

Guru pembina Gesit, mengatakan MAN 1 Grobogan mengirimkan 7 pesilat yang tanding di ajang tersebut, namun baru Haris yang mampu mempersembahkan medali.

Kepala MAN 1 Grobogan Suprapto, menyampaikan selamat dan menyatakan rasa syukur dan bangga atas capaian anak didiknya mampu meraih medali emas, dan mengharumkan nama baik almamater MAN 1 Grobogan di dunia persilatan pada level nasional.

“Selamat pada nanda Rizki, saya bersyukur dan bangga atas raihan medali emasnya di ajang pencak silat” ucap Prapto

Dilansir dari laman https://jateng.sindonews.com, sebanyak 1.572 pesilat dari usia dini tingkat SD, praremaja (SMP), remaja (SMA), hingga dewasa (perguruan tinggi) berlaga di Semarang Pencak Silat Open Championship di GOR Satria, Semarang Jumat-Minggu (11-13/10/2019).

Menurut ketua panitia, Siswoyo, mayoritas pesilat datang dari berbagai sekolah dan perguruan silat di Jawa Tengah. Namun ada juga rombongan dari Tasikmalaya, Cirebon, Jawa Barat dan juga Magetan, Kediri, Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan, Jawa Timur.

Dia menjelaskan, tujuan kejuaraan terbuka ini adalah untuk menjadi ajang bertanding bagi para pecinta bela diri asli Indonesia, pencak silat.

“Tujuan lainnya adalah menjadikan silat sebagai bela diri yang digemari di tingkat sekolah hingga perguruan tinggi. Dengan cara itu maka warisan budaya asli Indonesia ini akan tetap lestari dan makin berkembang,” kata Siswoyo dalam siaran pers, Minggu (13/10/2019).

Untuk nomor yang dipertandingkan adalah nomor tanding laga dan nomor seni tunggal. “Para pesilat berlaga di empat arena yang menggunakan bantuan teknologi informasi terkini sehingga para penonton bisa melihat perolehan angka dari detik ke detik hasil dari tendangan, pukulan, hingga teknik jatuhan yang dilancarkan pesilat,” katanya (mh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>